PROFIL

IMG_7099PESONA AGRO berada di lereng GUNUNG BURING di wilayah MALANG sebelah timur tepatnya di RW 4 KEL. WONOKOYO KEC. KEDUNG KANDANG, PESONA AGRO merupakan kelompok tani wanita yang mana memproduksi hasil tani ORGANIK, awal mula berdirinya saya, rw, rt, relawan kebersihan dan masyarakat ingin menanam sayur sayuran (KANGKUNG, BAYEM MERAH, BAYEM HIJAU, SAWI DAGING DLL)…..kebetulan waktu itu diadakan lomba kampung BERSINAR (BERSIH, SEHAT, INDAH, ASRI DAN RAPI) yang diadakan oleh DKP KOTA MALANG. Kami semua akhirnya membuat sebuah kampung yang yang semua tanamannya tanpa menggunakan pupuk kimia, pestisida kimia (ORGANIK) dan pada tgl 9 oktober 2012 jadilah sebuah KAMPOENG ORGANIK “PESONA AGRO” (PErtanian Sayuran Organik Natural Alami AGRObisnis) kita juga membuat kelompok masyarakat yang sadar lingkungan MY DARLING PESONA………….(MASYARAKAT SADAR LINGKUNGAN) di tempat kami juga menanam buah buahan organic (KLENGKENG DIAMOND DAN PINGPONG), saat kami mengikuti lomba kampung bersinar penilaian tahap pertama sampai ketiga kita bisa mendapat juara III se KOTA MALANG…..atas jerih payah kita semua, Kami juga bekerja sama dengan supleir sayur organik KURNIA KITRI AYU FARM yang terletak di daerah SUKUN…….DSCN7293 kami juga membuat pupuk cair organik dari kencing kelinci juga dari kotoran sapi yang sangat berguna bagi tanaman…….dan juga kami membuat pupuk organik bokashi…….juga membuat pupuk dari komposter rumah tangga……kami juga mengikuti lomba kelompok tani pemula yang diselenggarakan oleh DINAS PERTANIAN KOTA MALANG…..dan kami juga memberikan penyuluhan pertanian khususnya pertanian organik, kami memproduksi sayur organik 1 minggu satu kali………karena terbatasnya lahan yang kami miliki…….ini pun kita memanfaatkan lahan yang kosong…….pinggir jalan……depan rumah……..diman ada tempat kosong ya kami tanami baik menggunakan polibag maupun tidak……..ALHAMDULLILLAH lomba kelompok tani pemula berprestasi dalam rangka HARI KRIDA PERTANIAN bisa juara satu se KOTA MALANG…dan produksi sayur PESONA AGRO bisa di terima di INDO MARCO……iNI SEMUA ANUGRAH DARI ALLAH SWT………(om srex)

3 comments on “PROFIL

  1. MENGGANDENG UMM, SMKN 1O MALANG MENGEMBANGKAN SCHOOL FARM Memaksimalkan potensi lahan yang semakin menipis yang ada di SMK Negeri 10 Malang, management SMK Negeri 10 Malang berupaya untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan produktif. Memberdayakan para siswa, guru dan staf di SMK Negeri 10 Malang diharapkan mengisi seluruh lahan – lahan kosong di sekitar gedung dengan tanaman produktif seperti brokoli, kacang – kacangan, manisah, dll. Pengembangan school farm ini dirasa sangat bagus untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan pertanian bagi siswa. Siswa SMK Negeri 10 Malang diharapkan tidak hanya menguasai kompetensi yang dipelajari di sekolah, tapi juga bisa belajar cara bertanam yang efektif dan efisien di perkotaan. Waka Humas SMKN 10 Malang, Wahyu Prasadja, S.Pd mengatakan Beberapa upaya telah dilakukan untuk mewujudkan school farm ini, diantaranya kami telah menandatangani MoU dengan Fakultas pertanian UMM pada hari senin, 20 Januari 2014 tentang pendampingan dari Fakultas pertanian UMM dalam rangka pengembangan pertanian organik bagi siswa SMK Negeri 10 Malang. Nantinya Fakultas pertanian UMM akan menunjuk beberapa mahasiswa untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan pertanian secara berkala kepada siswa SMKN 10 Malang, selain itu fakultas pertanian UMM akan memantau dan melakukan pendampingan selama siswa mengembangkan pertanian di SMKN 10 malang mulai dari menentuka media tanam, persiapan pupuk organik, tehnik menanam, perawatan tanaman, serta tehnik memanen, demikian wahyu menambahkan. Lebih lanjut Wahyu mengatakan bahwa kami sudah mempelajari potensi yang ada di kawasan Kecamatan Kedungkandang, bayak sekali potensi pertanian yang bisa dikembangkan untuk mendukung program ketahanan pangan ini, contohnya di daerah Wonokoyo terdapat sentra pengembangan produksi pertanian organik yang terkenal dengan kampung pertanian organik. Kami telah melakukan pembicaraan dengan pengembang kampung pertanian organik tersebut untuk bisa bersama – sama membatu kami mewujudkan school farm ini, dan kami mendapatkan apresiasi positif dan akan dibantu semaksimal mungkin untuk meningkatkan wirausaha pertanian bagi siswa SMKN 10 Malang. Kepala SMK Negeri 10 Malang, Haryanto, M.Pd mengatakan keinginan untuk mewujudkan wirausaha pertanian bagi siswa SMK Negeri 10 Malang sudah lama. Ide tersebut kemudian kami diskusikan dengan semua wakil kepala sekolah, dan akhirnya kita sepakat untuk mewujudkan kewirausahaan pertanian ini. Harapan kami, lulusan SMK Negeri 10 Malang mempunyai nilai plus untuk bisa hidup di tengah – tengah masyarakat kelak.

    • Terima kasih……..bapak Wahyu mengunjungi wordprees saya…….saya mengetahui School Farm……cuma di SMAN 7 Dan selanjutnya di SMKN 10……..memang siapa lagi yang peduli pada pertanian organik kalau bukan kita-kita ini….jaman sudah menjadi modern, lahan pertanian makin menyempit…….oleh sebab itu pemerintah mencanangkan KETAHANAN PANGAN…..ini semua utk mengatasinya……..yang mana tanah sudah banyak di beri pupuk kimia pestisida kimia maka unsur hara dalam tanah akan rusak…..beberapa tahun kedepan…….kalau itu di teruskan maka tanah tidak bisa di tanami kembali…….SEMOGA SMKN 10 BERHASIL MENCIPTAKAN SISWA YANG PRODUKTIF DI BIDANG PERTANIAN TERUTAMA PERTANIAN ORGANIK………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s