MANFAAT PERTANIAN ORGANIK

cDi zaman yang serba modern seperti saat ini, banyak masyarakat dunia yang berfikir kalau apa yang dimakan oleh mereka adalah makanan yang serba instan dan terkadang banyak penggunaan zat-zat kima untuk membuat suatu makanan atau produk tersebut tampak baik dan tahan lama. Akhirnya, masyarakat dunia pun beralih pada makan-makanan yang jauh lebih sehat, biasanya di sebut dengan makanan organik.
Makanan organik ini adalah hasil karya dari bidang pertanian. Dan arti dari pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Pertanian organik adalah sistem produksi pertanian yang menghindari atau sangat membatasi penggunaan pupuk kimia (pabrik), pestisida, herbisida, zat pengatur tumbuh dan aditif pakan.
Dan penggunaan masukan di luar pertanian yang menyebabkan degradasi sumber daya alam tidak dapat dikategorikan sebagai pertanian organik. Sebailknya, sistem pertanian yang tidak menggunakan masukan dari luar, namun mengikuti aturan pertanian organik dapat masuk dalam kelompok pertanian organik, meskipun agro-ekosistemnya tidak mendapat sertifikasi organik.
Pertanian organik memiliki banyak manfaat yang baik, di antaranya :
Pertanian organik yang tidak menggunakan pupuk buatan yang berasal dari bahan bakar minyak, pestisida, atau makanan dari hasil modifikasi genetika. Pertanian organik sebaliknya menggunakan pestisida biologi tanpa kimia yang diatur secara ketat sehingga melindungi tanah, udara, makanan, dan hewan liar dari bahaya kimia yang biasa digunakan dalam pertanian konvensional. Melalui teknik bervariasi seperti rotasi penanaman, pupuk hijau, dan kontrol pestisida biologi; petani organik dapat membuat tanah yang lebih baik dan memproduksi tanaman yang lebih sehat yang dapat memberi daya tahan terhadap penyakit maupun serangga. Tumbuhan ini ditanam di atas tanah yang kaya nutrisi, mengandung tingkat mineral dan mikronutrisi yang lebih tinggi, termasuk vitamin dan antioksidan yang penting. Jadi, untuk menghindari racun yang berbahaya, makanan organik menjadi makanan yang jauh lebih baik bagi vitalitas dan kesehatan kita. Tak diragukan lagi bahwa semakin banyak dokter yang merekomendasikan organik, pola makan nabati untuk meningkatkan kesehatan dan memulihkan diri dari penyakit kronis.
Pertanian organik juga menawarkan manfaat berikut: Melindungi jutaan petani dan pekerja pertanian di seluruh dunia dari racun pestisida serta bahaya lain yang berhubungan, mengurangi risiko pribadi dari kanker karena pestisida, mengurangi efek ketidaksuburan dan gangguan pada sistem saraf, melindungi kesehatan bagi anak-anak dan bayi yang belum lahir, melindungi keanekaragaman hayati, melestarikan lapisan tanah atas yang penting untuk menghindari pengikisan yang cepat karena pertanian konvensional; mengurangi zona mati yang ada di lautan karena pupuk buatan; melindungi koloni lebah dari kemusnahan, mengembalikan keamanan suplai pangan kita.

Ada 3 manfaat utama yang akan diperoleh ketika petani menerapkan sistem pertanian organik.
1. Harga premium
Harga produk organik setidaknya 20-30% lebih tinggi daripada harga produk per
tanian biasa. Harga yang bagus ini sangat penting untuk menunjang ekonomi petani dan menentukan hidup matinya pertanian organik.
2. Biaya investasi yang rendah
Dengan pertanian organik, biaya input bisa ditekan lebih rendah terutama dari segi pupuk dan pestisida. Petani organik tidak perlu menyiapkan dana untuk membeli pupuk buatan tetapi memanfaatkan sisa tanaman atau kotoran ternak di sekitarnya sebagai sumber hara tanah utama. Pestisida kimia yang umumnya sangat mahal tak perlu dirisaukan petani. sebagai gantinya, petani menerapkan sistem perlindungan tanaman yang total dan terintegrasi utamanya dengan memberdayakan organisme musuh hayati.
3. ilmu nenek moyang
ilmu bertani dari moyang dulu nyaris tak bisa diterapkan petani sekarang bila mereka masih menerapkan sistem pertanian biasa. namun dengan pertanian organik, cara-cara bertani yang diterapkan nenek moyang kita dulu bisa digali, diberdayakan dan dikembangkan. cara bertani yang specifik daerah dan lingkungan merupakan nilai lebih dari pertanian organik.
Jika pertanian organik bisa menekan biaya produksi dan menghasilkan produk berharga tinggi, mengapa petani masih mati-matian membeli bahan kimia yang seharganya selangit?
mungkin mereka tergiur oleh rayuan perusahaan pestisida raksasa luar negeri yang siap menghisap uang petani.(Om Srex 512)

4 comments on “MANFAAT PERTANIAN ORGANIK

  1. Sebenarnya pertanian organik merupakan solusi untuk meningkatkan kesuburan tanah yang semakin lama semakin tandus akibat pemakaian pupuk dan pestisida kimia. Selain itu juga aman bagi kesehatan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia beracun yang berasal dari pupuk dan pestisida kimia tadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s